Kuliah Umum Kepala BAPPEDA Provinsi Lampung

http://teknokrat.ac.id/images/stories/2015/April/kul_umum.jpg

Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM) Lampung jika tidak dikelola dengan baik akan menjadi bumerang bagi provinsi ini. Demikian ditegaskan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung Fahrizal Darminto dalam kuliah umum bertajuk. 

Prioritas Pembangunan Provinsi Lampung “. Menurutnya, SDA dan SDM yang tidak terkelola berimbas pada melambatnya pembangunan yang pada akhirnya melemahkan perekonomian. Lampung memiliki dua potensi yakni potensi geografis dan demografi. Secara geografis, Lampung sangat strategis sebagai pintu masuk Sumatera dari Pulau Jawa, yang notabenenya pusat pembangunan Indonesia,” ujarnya.

Sedangkan secara demografi, sambungnya Lampung saat ini mengalami fenomena demografi. Demografi merupakan kondisi di mana jumlah penduduk usia non produktif lebih sedikit dibanding penduduk produktif (usia 15-65 tahun). “Potensi demografi ini membuat meningkatnya angkatan kerja usia produktif disertai tabungan masyarakat. Kalau SDM sedemikian melimpah ini tidak termanfaatkan dengan baik maka akan menjadi pengangguran,” ungkapnya.

http://teknokrat.ac.id/images/stories/2015/April/kul.jpg

Foto bersama saat pemberian cinderamata, Setelah kuliah umum 

Untuk itu, Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat Mahathir Muhammad mengharapkan mahasiswa sebagai bagian dari demografi dapat terus meningkatkan kompetensinya serta mengasah kemampuan berbahasa inggris. “Apalagi kita akan menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akhir tahun ini. Jika mahasiswa tidak mempersiapkan diri, maka lapangan kerja Indonesia dengan mudah diambil alih pihak asing,” sebutnya.

Diakhir pemaparan, Fahrizal memberikan tips kepada mahasiswa dalam mengelola potensi Lampung. Pertama, harus kuat ideologi, hal ini penting agar tidak terjerumus dalam ideologi radikal yang kini sedang menjamur. Kedua, paham politik, memahami politik penting agar tidak dipermainkan oleh hal yang berbau politik. “Bangun juga iklim kompetisi di kampus dan menghargai prestasi, tanpa ada itu, maka kemajuan akan lambat, hidup juga tidak bergairah,” ingatnya.

Diketahui, Teknokrat dan Bappeda Lampung telah banyak melakukan kerjasama. Teranyar adalah pemanfaatan robot drone karya mahasiswa STMIK Teknokrat untuk membantu Bappeda melakukan survey lokasi pembangunan dengan merekam keadaan sekitar dari atas.

STMIK Teknokrat, Jln Z.A. Pagar Alam, 9-11 Kedaton Bandar Lampung
Telph: 0721-702022 Fax : 0721-702022