http://teknokrat.ac.id/images/stories/2014/DRONE1.jpgBerhasilnya mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat menjuarai Drone Robot Terbang Tingkat Nasional, menarik perhatian Wakil Bupati Tulang Bawang Heri Wardoyo, SH. untuk mengunjungi tim robotik Teknokrat (20/2). Hasil kunjungan tersebut, Drone Teknokrat digunakan untuk melakukan foto udara di beberapa area Tulang Bawang.Tim Robotik Teknokrat melakukan foto udara area Tulang Bawang  selama dua hari (2-3/3) didampingi oleh Sekretaris Wakil Bupati Tulang Bawang Hotdin Sihotang, S.E. dan Sekretaris Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang Budi Sutomo S.Si., M.Si. Tim Drone (Robot Terbang) Teknokrat mengambil data video dan foto udara menggunakan 3 armadanya yang terdiri dari Quadcopter, Hexacopter dan 1 Unmanned Aerial Vehicle (UAV) fixed wing.

http://teknokrat.ac.id/images/stories/2014/DRONE2.jpg

 

Ketiga drone tersebut mampu menghasilkan foto dan video udara dengan durasi rata-rata 15 menit dengan luas area yang mampu dicapture oleh robot mencapai 100 sampai 500 Ha. Drone yang terprogram dengan teknologi GPS ini mampu take off and landing di titik yang sama dalam waktu yang ditentukan tanpa perlu kendali operator manual.  Setelah take off, drone mulai membidik foto dan merekam video dari udara secara otomatis seperti yang diprogramkan, lalu kembali ke titik awal tepat pada waktu yang diset pada robot drone tersebut.  Beberapa area Tulang Bawang seperti  area persawahan dan pariwisata di daerah Sungai Luar, Menggala Timur dan Cakat Raya, Menggala, termasuk miniatur rumah adat provinsi-provinsi di Indonesia yang berpotensi besar sebagai tujuan wisata di Tulang Bawang berhasil diabadikan dengan resolusi tinggi menggunakan ketiga robot tersebut.

http://teknokrat.ac.id/images/stories/2014/DRONE3.jpg

 

Wakil Bupati Tulang Bawang Heri sangat terpukau dengan kecanggihan teknologi Drone Teknokrat dan senang sekali mendapat kesempatan menggunakan robot tersebut memfoto keindahan wilayah Tulang Bawang dari udara. Heri menyambut positif adanya penerapan hasil karya mahasiswa Teknokrat untuk mendukung program pembangunan Kabupaten Tulang Bawang yang berpusat di kota Menggala. Teknologi Drone Tim Robotik Teknokrat memberikan jalan keluar bagi Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang dalam memetakan batas wilayah.  Dengan demikian Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang dapat membaca potensi-potensi pariwisata, perkebunan, dan pertanian. Heri menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang merasa sangat terbantu dengan hasil pemetaan wilayah dari Drone Teknokrat.  “Drone ini adalah teknologi masa depan yang hadir saat ini. Kami jelas langsung  jatuh cinta dengan robot ini. Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang  berharap untuk dapat bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Teknokrat dalam format yang lebih baik,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya.

http://teknokrat.ac.id/images/stories/2014/DRONE4.jpg

 

http://teknokrat.ac.id/images/stories/2015/Maret/Tulang%20bawang.jpg
Foto Udara Pusat Pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang (tampak depan)

 

Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE., MBA., menyambut gembira atas niat baik dari Wakil Bupati Tulang Bawang tersebut dan merasa bangga atas kesempatan serta kepercayaan yang telah diberikan. “Kami siap membantu program pemerintah, terutama proses pemetaan wilayah Lampung, sehingga potensi-potensi yang ada di Provinsi Lampung dapat dikembangkan secara maksimal,” jelasnya.

 

STMIK Teknokrat, Jln Z.A. Pagar Alam, 9-11 Kedaton Bandar Lampung
Telph: 0721-702022 Fax : 0721-702022