Mahasiswa Teknokrat dengan bangga menyumbangkan Drone kepada Polda Lampung (17/4).  Kapolda Lampung, Brigjen Polisi Drs. Heru Winarko, S.H. menerima penyerahan Drone tersebut dalam upacara resmi yang dihadiri seluruh pejabat utama Polda, seluruh Kapolres dan Kapolresta, Brimob, Airud, dan staf Polda Lampung, serta civitas akademika Perguruan Tinggi Teknokrat. Robot Drone yang diberikan kepada Polda Lampung ini adalah jenis hexacopter, robot yang membawa mahasiswa Teknokrat menjadi juara Nasional Kontes Robot Terbang Indonesia 2014.

Kapolda Lampung, Brigjen Polisi Drs. Heru Winarko, S.H. mengaku sangat bangga terhadap mahasiswa Teknokrat yang memberikan Robot Drone karya mereka kepada Polda Lampung.  “Saya ucapkan terima kasih kepada mahasiswa Teknokrat yang telah memberikan karya luar biasa.  Ini akan sangat membantu Kepolisian dalam melakukan pengamanan maupun pemantauan melalui udara,” ungkapnya dengan wajah gembira dalam sambutannya dalam upacara resmi kepolisian.  Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat DR. H.M. Nasrullah Yusuf, S.E., M.B.A. menyampaikan sambutan dalam upacara resmi tersebut. “Sumbangsih Robot Drone karya mahasiswa ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kepentingan kepolisian.  Ini menjadi pencitraan baru bagi mahasiswa, bahwa dengan intelektualitasnya mereka dapat turut serta membangun bangsa dan negara melalui penelitian dan teknologinya,” jelas Nasrullah.  

Usai upacara resmi, Kapolda Lampung menjamu para mahasiswa dan civitas akademika Teknokrat lainnya di aula Polda Lampung.  Beliau juga menunjukkan kepiawaiannya memainkan organ tunggal dengan lagu “Neng Geulis”.  Hal ini merupakan suatu penghargaan bagi mahasiswa Teknokrat sekaligus menjadi contoh bahwa menjadi pemimpin harus memiliki banyak skills.  

Tim Robotik Teknokrat akan memberikan pelatihan tentang cara pengoperasian Robot Drone kepada Tim Teknologi Informasi Polda Lampung.  Mahasiswa Teknokrat ingin memunculkan dimensi lain yaitu mahasiswa yang “high intellectual” dengan menyumbangkan ilmu dan menerapkannya ke dalam teknologi praktis yang dapat membantu pemerintah dalam membangun negara.  Teknologi live streaming dan GPS yang diprogram pada robot memungkinkan pengamatan situasi lapangan dari udara dapat diamati lewat wide-screen monitor, sehingga polisi tidak harus berada di lokasi kejadian. Kecanggihan Robot Drone dengan jangkauan ”capture” kamera video Robot Drone meng-“cover” 500 hektar menjadi daya dukung dalam mempermudah polisi untuk mengambil tindakan cepat pertahanan dan keamanan daerah Lampung.

Mahasiswa Teknokrat berharap teknologi Robot Drone ini dapat menunjang pekerjaan kepolisian terutama dalam hal memantau dan mengamankan situasi jika terjadi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, kebakaran, kejadian kriminal, kerusuhan, demonstrasi, dan lain-lain.

STMIK Teknokrat, Jln Z.A. Pagar Alam, 9-11 Kedaton Bandar Lampung
Telph: 0721-702022 Fax : 0721-702022