KOMPETENSI

Terbitnya Perpres No. 08 tahun 2012 dan UU PT No. 12 Tahun 2012  Pasal 29 ayat (1), (2), dan (3)  tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) melatar belakangi perubahan kurikulum  di program studi S1 Teknik Informatika yang pada awalnya (kurikulum 2010) dikembangkan  mengacu pada pencapaian kompetensi menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes) (kurikulum 2015).  

Capaian Pembelajaran (learning outcomes) merupakan internalisasi dan akumulasi ilmu pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mencakup suatu bidang ilmu/keahlian atau melalui pengalaman kerja. Capaian pembelajaran lulusan S1 Teknik Informatika  diturunkan dari profil lulusan dengan meninjau tiga unsur yaitu nilai-nilai yang dicanangkan oleh perguruan tinggi (University Value), telaah keilmuan dan keahlian (Scientific Vision) program studi, dan kebutuhan masyarakat  pemangku kepentingan (Market Signals).  

Unsur pertama: nilai-nilai yang dicanangkan STMIK Teknokrat (University Value)  mengacu pada prinsip penyelenggaraan pendidikan dari Yayasan Pendidikan Teknokrat yang tersirat pada slogan menyelenggarakan pendidikan yang “Disiplin, Bermutu, Kreatif dan Inovatif”. Slogan ini diturunkan ke dalam visi dan misi  STMIK Teknokrat  dan Program Studi S1 Teknik Informatika yang dijadikan sebagai salah satu landasan dalam menentukan kompetensi lulusan.  Visi program studi Teknik Informatika adalah ” Menjadi Program Studi Teknik Informatika terbaik di Kopertis Wilayah II pada tahun 2018 dengan reputasi nasional dengan lulusan yang kompeten di bidang rekayasa perangkat lunak, berjiwa wirausaha, dan berdayasaing”, dan salah satu misinya adalah  ”Menyelenggarakan pendidikan yang disiplin dan bermutu dengan  proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif ditunjang dengan sarana dan prasarana mutakhir untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif, kreatif dan inovatif terhadap pemanfaatan ilmu, metode, dan alat bantu dalam bidang teknik informatika serta memiliki jiwa kewirausahaan”. Visi ini kemudian di turunkan lagi kedalam tujuan program studi yang salah satunya yaitu ”Menghasilkan lulusan yang mampu mengamalkan keahlianya dibidang Informatika,  serta mampu menciptakan lapangan kerja”.  Lulusan mampu mengamalkan keahliannya di bidang Informatika mengandung makna bahwa lulusan :

  • Lulusan akan memiliki karir yang sukses dan menjadi seorang professional yang produktif di bidangnya
  • Lulusan dapat melanjutkan dan menyelesaikan pendidikan lanjutannya
  • Lulusan dapat berkembang secara professional melalui pembelajaran mandiri dan memiliki peran aktif dalam pengembangan alat, teknologi dan metodologi baru.  

Unsur kedua : telaah keilmuan dan keahlian (Scientific Vision)  program studi didasarkan pada visi keilmuan ke depan yang bermuara pada azas manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Telaah keilmuan dan keahlian dilakukan dengan mengacu pada praktik terbaik (best practice) internasional yang disusun dan dikeluarkan oleh ACM (Association for Computing Machinery) dan IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers), serta usulan dari APTIKOM. Hasilnya, Scientific Vision  program studi S1 Teknik Informatika STMIK Teknokrat merupakan irisan dari 3 bidang ilmu komputer  yaitu Computer Science (CS), Software Engineering (SE), dan Information Technology (IT)  dengan Body of Knowledge   sebagai berikut :
1. Algoritma & Pemrograman:
     -    Algorithm & Complexity
     -    Programming Paradigm
     -    Platform based Development
2. Dasar Matematika (Discrete Structure, Calculus, Probability & Statistics)
3. Sistem komputer
     -    Architecture & Organization
     -    Operating System
     -    Parallel & Distributed
4. Information Management (including Database, Information System and Information Assurance-Security)
5. Software Engineering (including Project Management and Human Computer Interaction)
6. Graphics & Visualization
7. Intelligent system
8. Networking
9. Social & Professional Issue

Unsur ketiga:  Peninjauan kebutuhan masyarakat  pemangku kepentingan (Market Signals)  ditujukan untuk mengetahui tingkat  kebutuhan masyarakat, industri, dan pemangku kepentingan terhadap lulusan Program Studi S1 Teknik Informatika.  Penjaringan informasi   dari alumni  dan pengguna lulusan dilakukan melalui Tracer Study (Lampiran 3.3), mengadakan dialog dengan stakeholder  yang terdiri dari unsur pemerintah yang dalam hal ini diwakili oleh BAPPEDA Profinsi Lampung,   dunia usaha dan industri, organisasi profesi, dan berkonsultasi dengan pakar dibidang teknik informatika.

Hasil kajian dari University Value, Scientific Vision, dan Market Signals  digunakan untuk menentukan profil lulusan. Hasilnya lulusan program studi S1 Teknik Informatika akan mampu dan sukses untuk berkarir/berprofesi sebagai Software Engineer/Developer, System Analyst, Database Specialist, Network Engineer,  IT Support/Consultan, dan akademisi

STMIK Teknokrat, Jln Z.A. Pagar Alam, 9-11 Kedaton Bandar Lampung
Telph: 0721-702022 Fax : 0721-702022