Kode Mata Kuliah  : TIS 316
Mata Kuliah : Grafika Komputer
SKS      : 3 (2-1)
Prasyarat                        : TIS 215

Mata kuliah ini mempelajari tentang berbagai aspek penting terkait pembuatan grafika komputer mulai dari metode yang paling mendasar hingga metode yang terbaru. Materi yang diajarkan antara lain pendahuluan dan perangkat; models and pipelines architectures; graphics primitives: line, circle; elemen pada gambar; grafika 2D: transformasi geometri 2D, transformasi view, pemodelan 2D; grafika 3D: konsep 3D, representasi objek 3D, transformasi geometri dan pemodelan 3D, transformasi view, hidden surface removal; animasi: desain animasi, animasi umum, animasi raster. Pemahaman teori yang telah diajarkan kemudian diimplementasikan kedalam praktek, tugas, dan proyek pemrograman grafik dengan menggunakan bahasa pemrograman C atau C++ dengan OpenGL.

Buku Referensi:

  • Shirley, P., Ashikhmin, M., Marschner, S. 2009. Fundamental of Computer Graphics. Florida: Taylor & Francis Group
  • Hearn, D., Baker, M.P. 2010. Computer Graphics with OpenGL, 4th Edition. New Jersey: Prentice-Hall
  • Hughes, J.F., Dam, A.V., McGuire, M., Sklar, D.F., Foley, J.D., Feiner, S.K., and Akeley, K. 2014. Computer Grapichs: Principles and Practice. Boston: Addison-Wesley
  • Vince, J. 2014. Mathematics for Computer Graphics. London: Springer
  • Tim Dosen. 2015. Praktikum Grafika Komputer. Bandar Lampung: STMIK Teknokrat.

 

DAFTAR MATA KULIAH TI

STMIK Teknokrat, Jln Z.A. Pagar Alam, 9-11 Kedaton Bandar Lampung
Telph: 0721-702022 Fax : 0721-702022