Tim Robot Terbang STMIK Teknokrat Juara I dan II Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2014

Tim Robotik Perguruan Tinggi Teknokrat Provinsi Lampung meraih juara I Robot Terbang Rotary Wing dan juara II Robot terbang Fixed Wing untuk kategori umum pada Kontes Robot Terbang Indonesia Tahun 2014. Robot terbang Teknokrat mampu mengungguli tim dari perguruan tinggi ternama di Bandung dan Surabaya pada kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud di Lapangan Terbang Aeromodelling TNI AU Raci-Bangil, Pasuruan, Kamis (9/10) hingga Minggu (12/10).
Jaka Persada Sembiring, pembimbing tim robot PT Teknokrat, mengatakan sebelum perlombaan robot terbang Teknokrat mengikuti running wing test pada Jumat (10/10). Hal itu untuk memastikan robot buatan mahasiswa Teknokrat layak terbang.
JUARA KONTES : Tim Robotik Perguruan Tinggi Teknokrat yang meraih juara I dan II pada Kontes Robot Terbang Indonesia 2014 yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Lapangan Terbang Aeromodeling TNI-AU Raci-Bangil, Pasuruan, Kamis – Minggu (9-12/10).
Dia mengatakan Tim Rotary Wing yang berhasil mengalahkan tim dari Bandung, yaitu Adi Ahmad Fauzi dan Indrajat Yugo Wibowo. Sementara Tim Fixed Wing yang mengungguli tim dari Bandung dan Surabaya beranggotakan Rikendry dan Jayadi. Terkait prestasi ini, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Teknokrat H. Mahathir Muhammad, SE., MM.,  yang tengah berada di Malaysia menyambut gembira prestasi para mahasiswanya. “Kami akan terus mendukung mahasiswa untuk memberikan prestasi terbaik dan mampu memberikan sumbangsih untuk bangsa dan Negara” paparnya.
Teknologi tanpa Awak, Jaka menjelaskan robot terbang rotary wing (multirotor) dirancang terbang dengan menggunakan sistem sayap putar. Robot ini didesain untuk melakukan tugas penjelajahan udara dengan menggunakan sistem navigasi tanpa awak, unmanned aerial vehicle (UAV). "Robot ini dilengkapi dengan berbagai sensor dan kamera. Juga dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus, misalnya foto udara dan pemantauan langsung. Robot ini adalah sebuah prototipe pesawat tanpa awak yang mampu melakukan penerbangan dengan sistem navigasi otomatis” ujarnya. Sementara robot terbang fixed wing dirancang terbang dengan menggunakan sayap. Robot ini didesain untuk melakukan tugas penjelajahan udara juga dengan menggunakan sistem navigasi UAV.

STMIK Teknokrat, Jln Z.A. Pagar Alam, 9-11 Kedaton Bandar Lampung
Telph: 0721-702022 Fax : 0721-702022