STMIK Teknokrat Juara Nasional Komurindo 2015

Teknokrat semakin mempertegas sebagai Kampus Sang Juara. Mahasiswa STMIK Teknokrat kembali menorehkan prestasi pada ajang kompetisi tingkat nasional. Kali ini mereka berhasil meraih juara III nasional ajang Kompetesi Muatan Roket Indonesia (KOMURINDO) 2015. Kegiatan yang diikuti oleh 56 tim dari 27 perguruan tinggi negri dan swasta se-Indonesia ini diselenggarakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada 2-4 Agustus 2015 di Balai Produksi dan Pengujian Roket Lapan, Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat.

Krakatau 5.6, nama tim KOMURINDO STMIK Teknokrat tahun 2015 yang beranggotakan Akhmad Jayadi, Indrajad Yugo Wibowo, Ricky Anderas Tomi, Buyung Martadinata, dan April dengan pembimbing Maulana Azis Assuja dan Adi Akhmad Fauzi ini berhasil mendapatkan gelar Juara III KOMURINDO 2015 setelah melalui perjuangan berat dalam beberapa tahapan perlombaan yang diselenggarakan oleh panitia. Pada Tahap I perlombaan Tim Krakatau 5.6. harus berjuang membuat rancangan muatan roket yang akan diikutsertakan dalam perlombaan KOMURINDO 2015 dan menyampaikan kepada panitia (LAPAN). Pada tahap II perlombaan ini Tim Krakatau 5.6 harus mengembangkan hasil rancangan yang telah dikirimkan kepada panitia menjadi sebuah produk berbentuk perangkat keras dan lunak teknologi telemetri dan mengirimkan hasil pengembangnnya kepada panitia dalam bentuk video. Kegiatan akhir dari kompetisi ini adalah meluncurkan muatan roket ke udara hingga ketinggian 800 meter dan menguji kehandalan perangkat keras dan lunak teknologi telemetri yang dikembangkan oleh para peserta.

Sebelum sampai pada tahap akhir Kompetisi, terdapat beberapa tahapan pengujian peralatan yang harus dilalui oleh para peserta. Kegiatan dilaksanakan oleh LAPAN pada 2-4 Agustus 2015 di Balai Produksi dan Pengujian Roket Lapan, Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat. Tahap pengujian ini meliputi tahap uji statis dan uji fungsional. Tahapan ini akan menentukan apakah perangkat teknologi yang dikembangkan para peserta memenuhi uji kelayakan. 

Pada tahap uji statis dan uji fungsional muatan roket karya mahasiswa teknokrat dinyatakan layak untuk diluncurkan. Sistem telemetri muatan roket karya mahasiswa teknokrat ini mulai beroperasi dengan baik sejak awal peluncuran hingga terjadi sparasi di udara, di mana muatan roket dilepaskan dari peluncur dan parasut berhasil mengembang dengan sempurna. Misi terakhir yang harus dilakukan oleh muatan ini adalah melakukan foto udara dan mengirimkan hasilnya ke stasiun di bumi. Tim Krakatau 5.6 sukses menjalankan seluruh misi.

Secara lengkap hasil Kompetisi Muatan Roket Indonesia adalah Juara I diraih oleh Universitas GAdjah Mada, juara II diraih oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Juara III STMIK Teknokrat. 

STMIK Teknokrat, Jln Z.A. Pagar Alam, 9-11 Kedaton Bandar Lampung
Telph: 0721-702022 Fax : 0721-702022